Akibat Diare

Table of Contents

Akibat Diare

Diare yang berlangsung terus selama berhari-hari dapat membuat tubuh penderita mengalami kekurangan cairan atau dehidrasi. Jika dehidrasi yang dialami tergolong berat, misalnya karena diarenya disertai muntah-muntah, risiko kematian dapat mengancam. Orang bisa meninggal dalam beberapa jam setelah diare dan muntah yang terus-menerus. Dehidrasi akut terjadi akibat penderita diare terlambat ditangani.

  1. Pencegahan Diare

Pencegahan muntaber bisa dilakukan dengan mengusahakan lingkungan yang bersih dan sehat.

  1. Usahakan untuk selalu mencuci tangan sebelum menyentuh makanan.
  2. Usahakan pula menjaga kebersihan alat-alat makan.
  3. Sebaiknya air yang diminum memenuhi kebutuhan sanitasi standar di lingkungan tempst tinggal. Air dimasak benar-benar mendidih, bersih, tidak berbau, tidak berwarna dan tidak berasa.
  4. Tutup makanan dan minuman yang disediakan di meja.
  5. Setiap kali habis pergi usahakan selalu mencuci tangan, kaki, dan muka.
  6. Biasakan anak untuk makan di rumah dan tidak jajan di sembarangan tempat. Kalau bisa membawa makanan sendiri saat ke sekolah
  7. Buatlah sarana sanitasi dasar yang sehat di lingkungan tempat tinggal, seperti air bersih dan jamban/WC yang memadai.
  8. Pembuatan jamban harus sesuai persyaratan sanitasi standar. Misalnya, jarak antara jamban (juga jamban tetangga) dengan sumur atau sumber air sedikitnya 10 meter agar air tidak terkontaminasi. Dengan demikian, warga bisa menggunakan air bersih untuk keperluan sehari-hari, untuk memasak, mandi, dan sebagainya.

sumber;

https://solopellico3p.com/beli-mobil-bekas/