5 Pakan Kambing Selain Rumput 

makanan kambing

5 Pakan Kambing Selain Rumput 

makanan kambing

Berikut ini alternatif pakan kambing selain rumput yang bisa dicoba oleh para peternak:

  1. Jerami. Jerami adalah salah satu sumber nutrisi yang baik bagi kambing selain rumput. Serat-serat kasar dari jerami dibutuhkan dalam proses metabolisme kambing. Jadi, pada saat musim kemarau panjang dimana rumput-rumput banyak kering maka jerami padi bisa dijadikan makanan alternatif.
  2. Pelepah pisang. Pisang adalah tanaman yang hampir seluruh bagiannya bisa dimanfaatkan, salah satunya adalah pelepah pisang digunakan sebagai pakan ternak. Memberi makan kambing dengan pelepah pisang tidak berbahaya karena tidak mengandung racun. Proteinnya pun mencukupi. Saat ini peternak kambing justru mengolah pelepah pisang dengan mencampurkannya dengan beberapa bahan seperti ampas tahu dan dedak menjadi pakan yang lebih bergizi dan disukai kambing.
  3. Ampas kelapa. Ampas tahu sudah sering dijadikan pakan ternak, bagaimana dengan ampas kelapa? Ampas kelapa yang banyak menjadi sampah rumah tangga ternyata masih memiliki kandungan protein sebesar 20%-25%. Oleh sebab itu sangat direkomendasikan untuk diolah menjadi makanan ternak kambing. Ampas kelapa sebaiknya dikukus kembali untuk menurunkan kadar lemak dan membuat teksturnya menjadi lebih kering.
  4. Daun singkong. Memanfaatkan daun singkong sebagai pakan ternak telah diteliti oleh Fakultas Peternakan IPB dan hasilnya menunjukkan bahwa memberikan daun singkong sebagai makanan kambing dapat meningkatkan bobot tubuh kambing tersebut.
  5. Kulit jagung. Bagian yang dimanfaatkan dari jagung adalah isinya, sedangkan kulitnya biasanya dibuang dan menjadi limbah. Tetapi tahukah Anda bahwa kulit jagung bisa dijadikan pakan ternak? Ternyata kulit jagung masih bisa dimanfaatkan. Namun, lantaran teksturnya yang keras maka akan sulit bagi kambing jika langsung mengkonsumsinya mentah-mentah. Cara pengolahan kulit jagung agar bisa dijadikan makanan kambing adalah difermentasi terlebih dahulu selama 3-4 hari agar terurai sehingga aman dikonsumsi oleh kambing.

sumber : https://duniapeternakan.com/