14 Sekolah Tolak Hibah Pendidikan Gratis di Jember

14 Sekolah Tolak Hibah Pendidikan Gratis di Jember

14 Sekolah Tolak Hibah Pendidikan Gratis di Jember

14 Sekolah Tolak Hibah Pendidikan Gratis di Jember
14 Sekolah Tolak Hibah Pendidikan Gratis di Jember

Sebanyak 14 lembaga sekolah di Kabupaten Jember, Jawa Timur, menolak mencairkan anggaran hibah program pendidikan gratis

(PPG) dari APBD 2018. Sebagian besar adalah sekolah yang berada di bawah naungan Kementerian Agama.

“Sebanyak 12 adalah madrasah tsanawiyah swasta. Yang lainnya SMP swasta,” kata Kepala Bidang SMP Dinas Pendidikan Jember Erwan Salus Prijono, Jumat (12/7/2019).

Sekolah-sekolah yang menolak itu adalah MTs Tri Bakti Ajung, MTs Plus Addimyati Ambulu, MTs Raudlatul Akbar Kaliwates, MTs Masyithoh Jember, MTS Al Hidayah Mangli, MTS Athohiriyah Mayang, MTS Akhlaqul Karimah Sumbersari, MTs Akbar Sumbersari, MTs Al Musyafak Tanggul, MTs Wali Songo Umbulsari, SMP Katolik Don Bosco Semboro, SMP Mambaul Ulum Sumberbaru, SMP 3 Islam Rowotengah.

“Mereka memang sudah sampai batas waktu mengumpulkan berkas pencairan

. Mereka tidak mengumpulkan sampai batas waktu dikembalikan ke kas daerah,” kata Erwan.

Salah satu sekolah yakni SMP Islam Darul Istiqomah di Patemon, Krajan, Kecamatan Tanggul, bisa masuk dalam daftar pencairan dana PPG kendati sudah dinyatakan tutup. “Masuk nominasi, karena waktu pengusulan PPG, mereka mengusulkan. Berkasnya ada, dan di Dapodik (Data Pokok Pendidikan) dikroscek ada. Dalam perjalanan waktu satu tahun, di lembaga itu tidak ada proses pembelajaran, dan itu sampai kepada kami,” kata Erwan.

Dispendik Jember kemudian melakukan pengecekan. “Ternyata memang di sana murid-muridnya

sudah dimutasikan ke lembaga sekitarnya dan lembaga itu dinyatakan tutup,” kata Erwan.

Sementara itu MTs Miftahul Ulum Rambipuji dan MTs Nurul Qornain Sukowono mengundurkan diri. “Mereka awalnya mengusulkan (PPG). Tapi dalam perjalanannya ada kepala sekolah yang mengalami pergantian dan PPG cair di akhir tahun. Kepala sekolah baru tidak mau mencairkan,” kata Erwan.

 

Sumber :

http://kw.pm.org/wiki/index.cgi?blku